Kamis, 03 Januari 2013

Padam Listrik, apakah selalu salah PLN


” Oy oy...gimana sih nih PLN, lagi enak enak nonton bola kok malah mati lampu ”

Yaa, mungkin kata kata kayak gini nih, sering banget lu denger, haha, pokoknya, setiap kali ada pemadaman, pasti yang pertama kali disalahkan adalah PLN, yang mereka anggap ngga becus lah, ngga asik lah, pokoknya yang ngga ngga dah pokoknya (jangan mikir ngeres ya, haha). Bahkan saya inget cerita bos saya, waktu naek kapal laut sedang melintas pulau jawa – sumatera, ketika itu tiba tiba lampu di kapal tersebut mati, sontak aja orang orang di sana pada teriak, ” woy, PLN gimana nih, nyalain donk lampunya ”, haha, gw pengen ketawa sendiri mendengar cerita ini, lah kok di kapal laut yang jelas jelas ga ada saluran kabel listrik, kok tetep aja PLN yang disalahkan (kayaknya orang orang itu udah mikir PLN hebat banget nih, transfer energi listrik pake sistem wireless, haha).

Sepertinya emang sudah sangat susah menghilangkan persepsi orang mengenai citra buruk PLN yang sering dup-mat (idup mati idup mati). Padahal sebenarnya ya, pemadaman listrik yang terjadi, ga selalu sepenuhnya salah dari PLN, kenapa? Mari kita cek ke TKP (ya ilah, udah kaya juragan kaskus aja nih).

Penyebab padam listrik di rumah kita bisa dibagi 2 menurut sumbernya :

1. Adanya gangguan di instalasi listrik milik sendiri

Nah ini nih, sering kali orang lupa, ketika terjadi padam listrik di rumah, langsung aje membuat persepsi sendiri, spontan aje langsung teriak menyalahkan PLN, padahal bisa aje penyebab padamnya listrik itu adalah adanya gangguan listrik di instalasi listrik rumah kita, seperti beban yang terlalu berlebih atau adanya korsleting di instalasi rumah yang menyebabkan MCB di rumah kita turun. Makanya, sebaiknya ketika terjadi padam listrik di rumah, coba dicek dulu tuh si MCB rumah, turun apa kaga. Kalau si MCB turun, itu berarti gangguannya ada di rumah kita sendiri, coba dicari penyebabnya, atau kalau bingung, telepon aja call centre PLN di 123 untuk bantuan lebih lanjut. Nah, kalau setelah dicek ternyata si MCB kaga turun, berarti gangguannya itu ada di instalasi listrik milik PLN yang bakal gw jelasin di bawah nih.

2. Adanya gangguan di instalasi listrik milik PLN

Untuk padam listrik yang disebabkan adanya gangguan di instalasi listrik PLN, sebenarnya ini juga bukan sepenuhnya adalah kesalahan dari PLN karena pemadaman tersebut dapat kita bagi lagi menjadi 2 yaitu :
a.    Gangguan terencana
Pemadaman ini ditujukan untuk menjaga performance dari peralatan listrik PLN agar berjalan dengan baik. Apabila anda mempunyai kendaraan bermotor, anda pasti familiar dengan istilah service berkala, nah, begitu juga halnya dengan peralatan yang ada di PLN, peralatan tersebut bukanlah  peralatan yang bisa digunakan terus menerus tanpa harus di-service, karena secara prinsipnya, peralatan PLN juga sama saja dengan kendaraan bermotor milik anda yang haus dengan belaian dari para maintenance boy, haha, lebay. Namun, untuk gangguan yang satu ini sebenarnya tidak terlalu bermasalah, karena hampir semua peralatan yang ada di PLN sudah dipersiapkan untuk menangani ini, biasanya kalau ada satu yang maintenance, ada yang lain yang menggantikannya, atau kalau ga ada, biasanya kapasitas yang lain sudah bisa menanggung beban peralatan yang sedang diservice tersebut, sebagai contoh, apabila ada maintenance di jaringan 20kV yang satu, beban yang ada akan dipindahkan ke jaringan 20kV yang lain sampai maintenance tersebut selesai, sehingga jaringan lain akan menanggung 2 kali lipat beban dan itu ga masalah karena biasanya kapasitas jaringan tersebut dirancang agar masih bisa mengatasinya.
b.    Gangguan tidak terencana
Kalau yang satu ini, baru nih, di luar kendali dari PLN, ini yang sering menyebabkan pemadaman terjadi, contoh yang gampang adalah :
-       Ada layang layang yang menyangkut di jaringan distribusi
-       Ada ranting pohon yang menyentuh jaringan distribusi
-       Bencana alam seperti banjir (seperti pemadaman yang belakangan ini terjadi di Jakarta dan Bandung, beberapa GI terendam oleh air banjir sehingga aliran listrik perlu diputus, pertimbangannya, apabila ga diputus maka akan menyebabkan gangguan yang lebih luas, pemadaman akan semakin banyak, dan juga dapat merusak peralatan yang ada.

Itu adalah contoh-contoh dari gangguan yang ga terencana, untuk menanggulangi gangguan tersebut, diperlukan partisipasi dari banyak pihak, karena PLN ga bisa melakukannya sendiri.

Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu PLN agar gangguan ga terjadi?
Ah, gampang itu mah, jangan mikirin yang susah susah, mikir yang simpel aja, yang berkaitan sama kita sehari hari, mau gw kasih tau? (mau tau aja apa mau tau banget?haha)
Ini nih yang bisa kita lakukan :
1.  Jangan bermain layangan dekat dengan jaringan listrik PLN, selain untuk mencegah gangguan, tapi ini juga demi keselamatan yang bermain layangan tersebut.
2.   Turut membantu untuk memangkas pohon yang akan mengenai jaringan listrik. Terkadang kita malah marah marah apabila pohon kita dipangkas, padahal kepentingan orang banyak ada di tangan anda lho, ciyus ini, kalau terjadi gangguan kan yang terkena imbasnya adalah masyarakat banyak, pahalanya sangat besar lho, hehe.
3.    Jangan bermain petasan atau kembang api di bawah jaringan listrik. Wah ini nih, seringkali karena keasyikan, kita sering lupa mengenai lingkungan sekitar kita. Bermain petasan dan kembang api silahkan saja, tapi kan harus liat kondisi juga, lihat sekeliling kita, main lah di tempatnya, hehe, di lapangan luas misalnya, dan kalau bisa, itu volume ledakannya dikecilin biar ga ngeganggu orang lain yang mau tidur.

Nah, sesudah membaca ini, bagaimana, ada pencerahan ga, semoga setelah membaca ini, kita bisa jadi lebih bijak dalam menanggapi suatu hal dan kejadian, kalau ada pemadaman, jangan langsung menyalahkan PLN, coba dicari tau asal usul kenapa terjadi gangguan tersebut, apabila memang itu adalah kesalahan yang dilakukan oleh PLN, maka saya rasa PLN juga akan berani untuk bertanggung jawab.

Cermati dengan cermat sebelum menyimpulkan

Sebagai contoh adalah kasus padamnya listrik di bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu yang lalu, yang menyebabkan terganggunya pendaratan beberapa penerbangan, dan bahkan menurut kabar hampir membuat 2 singa merah saling beradu membuktikan siapa yang lebih kuat, hehe, banyak orang yang langsung menyalahkan PLN tanpa mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari padamnya listrik tersebut. Setelah ditelusuri, padamnya listrik di bandara tersebut murni bukan kesalahan PLN, karena pasokan listrik ke bandara tersebut normal normal saja, dan yang menjadi penyebabnya adalah terbakarnya UPS yang ada di bandara tersebut seperti yang diungkapkan Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Trisno Heryadi :

”Hingga saat ini, kami masih melakukan investigasi untuk menelusuri penyebab rusaknya UPS”

Hal ini dipertegas lagi oleh Menteri BUMN Bapak Dahlan Iskan kepada detikfinance ketika diwawancarai :

”Itu bukan salah PLN”

Ketika ditanya mengenai penyebab kerusakan radar di bandara tersebut, beliau berkomentar :

”Tapi yang terpenting adalah satu peralatan yang peralatan itu terganggu. Komponen listrik di dalam sistem jadi bukan salah PLN”

So, menjadi bijak adalah pilihan, kalau memang itu membuat kita menjadi lebih baik dan ga merugikan orang lain, kenapa engga? ^_^

sumber :

2 komentar:

  1. Mantaap.. ulasannya lengkap. Semoga bisa menjadi pencerah bagi masyarakat luas ;) (jufriadijuve.blogspot.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin,,thanks bro..semoga saja bisa demikian, kasian juga PLN terus dijadikan kambing hitam kalau terjadi pemadaman, semoga PLN juga bisa semakin bisa meningkatkan pelayananannya terhadap kita semua, hehe

      Hapus

Blogger Template by Clairvo