Jumat, 21 Desember 2012

Empunya Listrik PLN

Sebagai orang Indonesia pasti tidaklah asing dengan namanya empu gandring, empu tantular, dan empu empu yang lainnya, yaa, mereka adalah para pembuat keris keris yang menurut sejarah memiliki kekuatan yang sangat hebat, hehe..meskipun itu hanya cerita sih, tapi banyak orang yang percaya bahwa keris keris itu memiliki suatu kekuatan mistis yang tidak dimiliki oleh keris keris biasa.

Apa hubungannya ya sama judul di atas?

Ya ngga ada sih, haha, di PLN juga sama lho, kebanyakan orang (mungkin hamper 99,9999999999% banyak banget ya angka 9 nya) hanya tau kalau PLN itu ya itu, tempat bayar listrik itu lho, atau kalau ada pemadaman langsung bareng bareng marah marah terus dateng ke kantor, hehe, bener gak ya? Yang mereka tau mungkin PLN itu hanya itu saja, padahal di PLN itu banyak sekali unit unit lainnya, gak hanya PLN distribusi yang memang berhubungan langsung dengan pelanggan, yang sering kena marah dan kena omel kalau terjadi gangguan, hehe (yang sabar ya teman teman di distribusi, semangat untuk melistriki nusantara harus tetap bergejolak dalam diri kalian).

Di PLN sendiri banyak sekali unit induk seperti PLN yang mengurusi jaringan tegangan rendah dan langsung berhubungan dengan pelanggan (PLN Distribusi), PLN yang mengurusi penyaluran tegangan tinggi di sisi 150kV ke atas (PLN P3B), dan masih banyak lagi yang lainnya (ingin tahu lebih lanjut buka aja website nya www.pln.co.id ).

Proyek PLTU Tanjung Awar-Awar 2x350 MW

Dan ada salah satu unit induk yang bertugas untuk pembangunan proyek pembangkit atau bisa juga kita sebut empu-nya listrik (haha..lebay). Kenapa disebut empu-nya listrik? Ya karena tugasnya membuat pembangkit yang nantinya menghasilkan listrik. Dan inilah tempat dimana gw bekerja suatu unit induk yang bernama PLN Unit Induk Pembangunan Pembangkit Thermal Jawa Bali.

Dari namanya sudah jelas kan tugasnya apa, yaitu membangun pembangkit thermal di seluruh pulau Jawa dan Bali. Unit Induk ini membawahi beberapa Unit Pelaksana Konstruksi (UPK) yang menyebar di beberapa lokasi proyek yaitu UPK Jakarta (mengurusi PLTGU Muara Tawar, PLTGU Muara Karang, PLTU Muara Karang, dan PLTU Tanjung Priok), UPK Suralaya, UPK Pelabuhan Ratu, UPK Adipala, UPK Paiton, dan UPK Tanjung Awar-Awar. Nah, nama yang terakhir ini nih, tempat gw kerja dan menghabiskan hampir 50% waktu gw tiap hari.

Dari pagi hingga sore (bahkan bisa sampe malam kalau udah ada banyak kerjaan, untung ga sampe nginep di kantor) gw ngabisin waktu gw di kantor, ngurusin proyek PLTU 2x350 MW yang ada di Tanjung Awar-Awar desa Wadung, Tuban, Jawa Timur. Proyek ini merupakan salah satu proyek percepatan 10.000 MW tahap 1 yang dilakukan PLN untuk menutupi defisit listrik yang terjadi di Pulau Jawa dan Bali khususnya. Rencananya proyek ini akan selesai pada bulan Desember 2013 (unit 1 pada September 2013 dan unit 2 pada Desember 2013).

Semoga target yang ditetapkan untuk beroperasi di akhir 2013 ini dapat tercapai dan defisit energi listrik di pulau Jawa dan Bali dapat berkurang sehingga tidak ada lagi pemadaman yang dikarenakan PLN kekurangan daya, hehe, amiiin, doakan ya teman teman semua.

12 komentar:

  1. Balasan
    1. Siiip....saling berbagi informasi, tolong menolong dalam kebaikan..hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. ciyus boy,,,berangkat pagi pulang sore, malam bahkan kalau lagi sibuk..haha...

      Hapus
  3. Gw uda biasa tugas sampe nginep d suralaya... 2013 liat aja pasti bakal nginep :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...siap siap..dulu pas di PLTU Indramayu juga sering saya nginep..hehe

      Hapus
  4. aamiin, semoga harapan2 empunya listrik terwujud. #PLNcare

    BalasHapus
  5. "...tidak ada lagi pemadaman yang dikarenakan PLN kekurangan daya..." Amien. Gaya penulisannya khas dari penulis sendiri. Keep sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap..makasih banyak mas..semoga ga ada pemadaman..amiiin

      Hapus
  6. Gaya bahasamu lee >>>
    kaya anak lagi curhat ama emakk nye ...haha

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo