Kamis, 27 Desember 2012

GM CUP FUTSAL 2012, Event Olahraga Untuk Mempererat Persaudaraan PLN UIPP Thermal Jawa Bali

Semangat berkompetisi memang sangat diperlukan dalam bidang apapun, hanya saja terkadang semangat berkompetisi ini disalah gunakan oleh beberapa orang. Semangat berkompetisi terkadang membuat orang menjadi tidak lagi peduli dengan aturan, hukum, dan adab yang ada di masyarakat, sering kali mereka rela melakukan segala cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan, inilah semangat kompetisi yang salah kaprah.

Semangat kompetisi yang baik adalah semangat yang membuat kita lebih bergairah dan membuat kita termotivasi untuk mengeluarkan semua kemampuan yang kita miliki tanpa menghilangkan nilai sportivitas yang ada, bahu membahu dengan tim yang kita miliki (ingat, bersatu kita teguh, bercerai ya kawin lagi, haha), kita harus menghormati lawan kita, menaati semua aturan main yang ada, dan yang paling penting setelah semua hal itu kita lakukan, kita berserah diri kepada sang Pencipta, apapun hasil yang kita dapatkan, itu semua adalah yang terbaik bagi kita.

Semangat itulah yang ingin dihidupkan oleh PLN UIPP Thermal Jawa Bali, dengan nilai THERMAL (Together as team work, Honesty in Harmony, Effective and Efficient, Respect, Motivated, Accountable, Learning) yang dimiliki, PLN UIPP Thermal Jawa Bali ingin terus meningkatkan semangat persatuan, persaudaraan, dan menanamkan jiwa dan semangat berkompetisi yang sehat pada semua pegawainya. Salah satu cara yang paling mudah dan paling efective untuk melakukan itu adalah dengan mengadakan kompetisi dalam bidang olah raga.

Peserta GM Cup Futsal 2012

Pada tanggal 21-22 April 2012, bertepat di Bandung, lapangan futsal d'groove, PLN UIPP Thermal Jawa Bali mengadakan GM Cup Futsal yang pertama, dengan panitia dari teman teman UPK Pelabuhan Ratu. Acara ini diikuti oleh 10 tim, 1 tim dari kantor induk, 1 tim dari UPK Paiton, 2 tim dari UPK Tanjung Awar-Awar, 2 tim dari UPK Adipala, 1 tim dari UPK Jakarta, 1 tim dari UPK Suralaya, dan 2 tim dari tuan rumah UPK Pelabuhan Ratu. Kesepuluh tim tersebut dibagi menjadi 2 grup, juara dan runner up dari masing masing grup melaju ke babak semifinal.

Hari Pertama, dilakukan babak penyisihan, semua tim terlihat antusias untuk mengikuti turnamen tersebut, banyak sekali suporter yang mendukung masing masing tim, kecuali dari UPK Paiton dan UPK Suralaya, yang memang pegawai di sana tidak sebanyak pegawai di UPK yang lain, namun hal itu tidak menurunkan semangat dan perjuangan mereka untuk tetap memberikan yang terbaik. 4 tim yang lolos ke semifinal adalah UPK Tanjung Awar-Awar, UPK Adipala, UPK Suralaya, dan Kantor Induk.

Masih pada hari pertama, pada malam harinya diadakan kegiatan ESQ untuk meningkatkan motivasi spiritual, tujuannya untuk membangkitkan semangat dan nilai nilai spiritual yang ada dalam diri semua pegawai, acara tersebut sangat berkesan, diri kita terasa bergejolak dan bersemangat karena kita memiliki motivasi yang tidak pernah habis untuk bekerja, yaitu motivasi untuk selalu beribadah, bekerja untuk beribadah.

Hari Kedua, babak semifinal dan final dilangsungkan, di semifinal, UPK Tanjung Awar-Awar selaku juara grup B bertemu dengan kantor induk yang finish menjadi runner up grup A, sedangkan UPK Adipala yang menjadi runner up grup B harus bersua dengan UPK Suralaya sebagai pemuncak grup A. Kedua pertandingan tersebut meloloskan UPK Tanjung Awar-Awar dan UPK Adipala di final. Sebelum pertandingan final dilakukan pertandingan perebutan juara 3 antara Kantor induk dengan UPK Suralaya yang dimenangkan oleh kantor induk.

Pertandingan final berlangsung sangat seru, kedua tim bermain saling menyerang, sepertinya kedua tim sudah mulai saling mengenal permainan lawannya, karena sebelumnya kedua tim ini sudah bertemu di babak penyisihan yang dimenangkan oleh UPK Tanjung Awar-Awar. Permainan berlangsung sangat ketat, namun, gol cepat dari UPK Tanjung Awar-Awar di awal laga yang dicetak oleh Dirut PLN (nama punggung yang dikenakan oleh Rukdas Imam Faizal) membuat semangat UPK Tanjung Awar-Awar semakin tinggi, pertandingan akhirnya dimenangkan oleh UPK Tanjung Awar-Awar dan keluar sebagai juara 1 GM Cup Futsal UIPP Thermal Jawa Bali.

Tim Futsal UPK PLTU Tanjung Awar-Awar

Juara 1 GM Cup Futsal - UPK Tanjung Awar-Awar
Euforia tersebut masih terus bertambah dikarenakan salah satu pemain dari mereka, Rukdas Imam Faizal, terpilih menjadi pemain terbaik pada GM Cup Futsal tersebut, ya, pemain dengan nama punggung yang unik ini memang bermain sangat luar biasa pada turnamen tersebut, selain terpilih menjadi pemain terbaik, dia juga bersaing sebagai top skorer GM Cup, hanya terpaut beberapa gol dari top skorer yang jatuh kepada pemain dari UPK Pelabuhan Ratu.

Pemain terbaik GM Cup Futsal 2012 (Kiri : GM PLN UIPP Thermal Jawa Bali, Pak Adang Sudrajat - Kanan : Pemain terbaik GM Cup Futsal - Rukdas Imam Faizal)
Acara acara semacam ini memang sangat diperlukan untuk memupuk persatuan dan kerja sama antar pegawai, meningkatkan semangat berkompetisi yang sehat, jiwa sportivitas dan semangat semangat positive lainnya. Yang terpenting adalah, acara ini membuktikan, meskipun moto PLN adalah bekerja bekerja bekerja, namun hal itu tidak menjadikan bahwa masuk sebagai pegawai PLN itu kegiatannya monoton, hanya bekerja dan bekerja, namun diperlukan juga suasana baru untuk penyegaran, agar semangat kerja dapat kembali tumbuh dan bahkan menjadi lebih besar lagi.

" Acara semacam ini memang sangat diperlukan, untuk dapat memupuk dan menumbuhkan kerja sama dan jiwa sportivitas diantara semua karyawan, agar tercipta suasana kerja yang kondusif dengan semangat kompetisi yang sehat" tutur pemain terbaik ini ketika diwawancarai oleh Buletin UIPP Thermal JB.

"Yaah. semoga aja dengan acara ini, semangat kerja di lapangan (proyek) akan semakin tinggi, dan proyek cepat selesai dengan kualitas yang baik" lanjutnya lagi.

Ingat teman teman, bekerja adalah ibadah, jika kita niatkan demikian, insya Allah, apa yang kita lakukan akan baik hasilnya ^_^ (cek sumber di www.pln.co.id)

5 komentar:

  1. Hebat lho mas bro, bisa dapat trophy pemain terbaik uii....:)
    Mantap...Mantap... MOga bakat-bakat Pegawai di PLN manapun dapat ditonjolkan di evant Olahraga antar BUMN.
    tetap semangat mas bro....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin mas bro...semoga bakat pegawai PLN semua bisa tersalurkan dengan baik, dalam badan sehat terdapat jiwa yang sehat (meskipun ga selamanya bener, tapi gapapa lah,,hehe)

      Hapus
  2. kemaren disya juga bikin waktu HLN, tpi bukan antar pegawai, tapi antar instansi se kabupaen sikka,
    dan well, 22 tim mendaftar...
    yg bkin bukan manajemen PLN, tapi kita2 anakmuda PLN bkin acara menjual nama PLN, dan penontonnya tiap malem itu looh waw banget

    BalasHapus
  3. Wuih,,,keren tuh, terus siapa yang juara?

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo