Sabtu, 05 Januari 2013

Misteri Perkalian Dalam Pelajaran Matematika

Dulu, pas waktu gw sekolah, menurut orang orang di sekolah gw, gw adalah orang yang memiliki gangguan jiwa, loh, kok bisa, itu semua karena gw menyukai apa yang orang lain ga suka, pelajaran MATEMATIKA.

Yah, itulah kenapa gw dianggap memiliki gangguan jiwa, pelajaran yang banyak orang anggap pelajaran paling menakutkan dengan segala rumus rumus dari negeri antah berantah itu, yang sampe sekarang gw juga masih bingung, dari mana itu rumus bisa didapet, tapi ya gw pake aje, tadinya gw mau cari tuh mw gw jabarin asal usul dari rumus tersebut, mau gw ulik sampe ke dasar lobang, tapi berhubung gw itu orangnya ga suudzon, ya udah gw percaya aje lah sama yang menemukannya, udah cape cape nemuin rumus masa ga dihargain, ya ngga.

Gw juga bingung, kenapa ya gw suka ama pelajaran yang satu ini, terus kenapa juga orang orang ga suka sama pelajaran yang beginian, whatever, hanya Tuhan mungkin yang tau alasannya, tapi yang jelas gw banyak dibantu sama pelajaran yang satu ini, apalagi abis itu gw kuliah di teknik, yang hampir 90% pelajarannya itu itung itungan, meskipun nama mata kuliahnya bukan matematika lagi, tapi gw rasain kok yang satu ini selalu nongol hampir di setiap pelajaran ya, mungkin si matematika ini adalah tipe playboy atau playgirl ni (karena terus terang, jenis kelamin pelajaran ini masih belum didefinisikan di dunia kedokteran, jadi bingung mau manggil cewe apa cowo, haha), pacar nya banyak banget, mulai dari fisika, kimia dan apalah itu, si matematika kenapa selalu aja nongol.
Sumber gambar dari http://smartmathematics.wordpress.com/
Dari sekian banyak aturan dalam matematika, ada satu yang keren nih, yaitu aturan dari PERKALIAN, mau tau dimana letak kerennya?haha..kasih tau ngga ya...okelah, karena ini blog adalah media untuk saling berbagi, gw kasih tau deh (kurang baik apa gw..ya ngga)..

Pernah ngga kalian berpikir mengenai hal di bawah ini?
1. Mengapa Plus dikali Plus hasilnya Plus (+ x + = +)
2.Kenapa juga Plus dikali Min atau sebaliknya Min dikali Plus hasilnya Min (+ x - = -)atau (- x + = -)
3.Dan anehnya Min dikali Min hasilnya malah Plus (- x - = +)

Pasti pernah donk terpikir mengenai masalah ini, tapi bingung dan akhirnya menerima saja lah dengan alasan udah dari sononya, hehe, tapi sebenarnya mungkin bisa dianalisa dengan perumpamaan seperti dalam kehidupan kita, gimana caranya? nih gw kasih tau, biasanya tanda (+) adalah melambangkan sesuatu yang positif, sesuatu yang benar baik ucapan atau tindakan, sedangkan tanda (-) adalah kebalikannya, bener ga tuh? dengan anggapan seperti itu maka bisa diuraikan dan dicari hikmah di balik perkalian seperti di bawah nih :

( + x + = + )
1. Mengatakan/menyatakan akan "Benar" terhadap hal-hal yang "Benar" adalah tindakan yang "Benar" 

( + x - = - ) atau ( - x + = - )
2. Mengatakan/menyatakan akan "Benar" terhadap sesuatu yang "Salah" adalah tindakan yang "Salah"  juga sebaliknya mengatakan/menyatakan yang "salah" terhadap sesuatu yang "Benar" adalah tindahan "Salah" 

( - x - = + )
3. Mengatakan/menyatakan "Salah" terhadap sesuatu yang "Salah" adalah tindakan yang "Benar"

Nah, gimana teman teman, make sense kan? dari hal yang sederhana dalam matematika, terdapat makna yang sangat dalam yang menggambarkan kehidupan kita, keren ga tuh, dan yang gw suka juga dari matematika adalah dibalik keruwetan dan keribetan matematika kita diajarkan untuk dapat membuat semua yang ribet itu menjadi simpel dan sederhana, sesulit apapun soal, hampir selalu bisa disederhanakan oleh matematika, seperti pepatah "banyak jalan menuju ke Roma", nah kalau ada jalan yang lebih cepat dan mudah, ngapain harus ngambil jalan yang panjang dan rumit, mungkin bisa dikatakan seperti itu.

So, kenapa ga suka sama matematika, mungkin persepsi kita harus diubah mengenai matematika, matematika itu menyenangkan lho dan mengajari kita banyak hal, baik dalam pelajaran matematika itu sendiri maupun dalam kehidupan kita kalau kita bisa memahami dan mengambil hikmah dari matematika itu sendiri.

Sesuai dengan kata dari Prof. Rukdas (haha, lebay dikit) "Cintailah dia, maka dia akan terasa menyenangkan dan membuat kita ingin selalu mencari tahu lebih jauh mengenainya".

2 komentar:

  1. jadi sebenernya lu jago matematika apa jago futsala sih das? atau jago fitnes inkonsistensi nih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw kan multi talent nik, tapi ya meskipun gw jago semuanya tapi gw ga sombong, ga pamer kalau gw jago maen futsal, matematika, ataupun atas ke sixpack an gw..hehe

      Hapus

Blogger Template by Clairvo