Sabtu, 22 Desember 2012

Hubungan antara tegangan, kuat arus, dan hambatan

Ada yang belum pernah mendengar nama nama di atas? Pastinya sudah dengar semuanya kan, tapi saya tebak, masih banyak yang masih belum tau apa arti dari nama nama di atas, apa sih perbedaanya?

Oke, mari kita lihat, biar mudahnya gw bakal nyoba dengan membuat permisalan agar mudah dimengerti (amiiin…awas kalau masih ga ngerti juga, hehe)

Tegangan menurut pengertiannya para ilmuwan adalah beda muatan listrik diantara 2 titik yang punya satuan volt. Menurut ilmuwan nih, gw juga ga tau karena ga pernah ngitung, katanya sih 1 volt itu dapat mengalirkan muatan sebanyak 1 Coulomb atau 6.28x1018 elektron untuk melakukan kerja sebesar 1 Joule (kalau ga percaya cek sendiri dah, gw aja bingung ngitungnya segitu banyaknya). Tegangan dilambangkan dengan V.

Kuat arus adalah banyaknya muatan yang mengalir dalam satu rangkaian tiap satu detik (Coulomb/detik) atau lebih sering kita kenal dengan sebutan Ampere. Arus dilambangkan dengan I.

Hambatan, dari namanya aja udah ketauan, ini adalah penghambat, apa yang dihambat? Yang dihambat adalah laju aliran electron, biasanya hasil dari penghambatan ini adalah energy dalam bentuk lain seperti panas, cahaya, dan energy lainnya. Hambatan dilambangkan dengan R.

Nah, seperti yang gw bilang, gw bakalan membuat permisalan mengenai ketiga hal ini, lihat aja gambar di bawah :


Nah, dari gambar di atas bisa kita umpamakan bahwa tegangan adalah besarnya daya dorong yang dalam hal ini bisa dikatakan adalah tinggi permukaan air tersebut, sedangkan laju aliran air adalah kuat arusnya, sehingga bisa kita ketahui bahwa semakin tinggi air maka laju aliran air akan semakin cepat atau semakin besar tegangan maka kuat arus akan semakin besar pula, dan dapat disimpulkan bahwa tegangan sebanding dengan kuat arus.

V ≈ I ....... ( persamaan 1)

Untuk tinggi permukaan air yang sama tapi dengan saluran yang berbeda maka pada saluran yang panjang aliran air akan semakin lebih kecil dibandingkan dengan saluran yang pendek karena banyaknya gesekan yang terjadi pada saluran yang panjang seperti di gambar berikut :


Sehingga bisa dikatakan bahwa arus berbanding terbalik dengan hambatan

I ≈ 1/R ......... (persamaan 2)

Sehingga didapatkan rumus :

V = I x R ..... (persamaan 3)

Atau untuk lebih memudahkan dalam memahami hubungan ketiga nama di atas silahkan dilihat gambar ini :

Hubungan antara tegangan, kuat arus, dan hambatan
Bagaimana teman teman semua, ada gambaran kan mengenai hubungan ketiga nama di atas ini? semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai kelistrikan, ayo belajar listrik, listrik itu seru lho, ga bisa dilihat tapi bisa dirasakan.

Semangaat..... :)

2 komentar:

Blogger Template by Clairvo